Ciri ciri Gejala Burnout dan Ini Tips Cara Mengatasinya

Kamu lagi menghadapi tuntutan dan tekanan dalam kehidupan sehari hari?  misal dari pekerjaan, keluarga atau tanggung jawab lainnya yang membuat kamu merasa sangat lelah dan gampang frustasi hal ini bisa disebut kamu sedang mengalami burn out loh…

Ciri Ciri Burnout 

Berikut ciri ciri burnout yang mesti kamu ketahui :
  • Selalu Merasa Lelah Dan Sulit Untuk Pulih.

jika kamu merasa sangat lelah hingga tidak berdaya untuk bangun dari tempat tidur kemungkinan ini adalah gejala burnout yang ditandai perasaan lelah, baik secara emosional dan fisik.

  • Kurangnya Pencapaian.

kamu merasa ga efektif atau tidak kompeten dalam menyelesaikan tugas pekerjaan dan selalu merasa putus asa atau kehilangan harapan.

  • Depresi

penelitian menyebutkan penyebab burnout berhubungan dengan pekerjaan maka dari itu studi menunjukan bahwa jika kamu rentan depresi, makan kamu akan lebih rentan kena depresi.

Tips Cara Mengatasi Burnout :

  1. Kenali Tanda Tanda Burnout, Penting untuk mengenali tanda tanda kamu burnout loh, hal ini agar kamu bisa mengambil tindakan segera. Gejala umum ini biasanya meliputi kelelahan yang berlebihan, kehilangan motivasi, penurunan kinerja, perubahan pola tidur, hingga perasaan putus asa. kalau ini sudah terasa pada dirimu jangan diabaikan atau dibiarkan yah..
  2. Prioritaskan Kesehatan Fisik dan Mental, Jangan mengabaikan kesehatan fisik dan mental. pastikan kamu memiliki waktu untuk istirahat yang cukup, berolahraga yang cukup dan rutin hingga Ikuti kegiatan  relaksasi seperti yoga, meditasi atau latihan pernapasan yang dapat meredakan stres.
  3. Carilah Teman Cerita, Berbicara dengan teman, keluarga, atau rekan kerja tentang perasaan kamu dapat memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan. Jangan ragu untuk meminta bantuan tugas jika kamu merasa terlalu terbebani.
  4. Ambil Cuti Atau Istirahat Yang Cukup, Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk mengambil cuti atau istirahat sejenak untuk mereset pikiran kamu. Kadang-kadang, jeda sebentar dari rutinitas sehari-hari dapat memberikan jiwa yang fresh.
  5. Menciptakan suasana kerja yang kondusif, Merefleksikan kembali pada makna dan tujuan pekerjaan kamu. Temukan cara untuk mendapatkan kepuasan dari pekerjaanmu, seperti menetapkan tujuan yang memotivasi atau menemukan cara baru untuk menyelesaikan tugas.

Mengatasi burnout adalah suatu proses yang memerlukan kesadaran dan tindakan yang konsisten. Dengan mengenali tanda-tanda awal, mencari teman sharing, dan menjaga kesehatan fisik serta mental, kamu dapat membangun perlindungan terhadap burnout. Ingatlah bahwa menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah investasi dalam kesejahteraan jangka panjang kehidupanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.